Friday, January 29, 2016

Tips Menulis Cerpen (Ala-ala) - part 1


Haduh. Siapa saya ini sehingga sok mau bikin tips menulis cerpen segala? Tapi kata salah satu teman di komunitas One Day One Post (mau tau lebih banyak tentang One Day One Post bisa klik di Sini) bahwa dengan berbagi ilmu maka pengetahuan kita justru bertambah. Lalu kata Fitrawan Umar (penulis novel Yang Sulit dimengerti adalah Perempuan) yang juga bertambah ketika dibagi adalah  kebahagiaan (nggg..agak nggak nyambung. Tapi okelah).

Dengan keterbatasan ingatan dan pengalaman yang masih sangat minim saya akan coba berikan sebanyak mungkin tips yang saya terapkan dalam menulis cerpen. Berikut ulasannya.

1. Judul yang Menarik.

Buatlah judul yang menarik dan mengundang orang untuk membaca lebih jauh tulisan kita. Saya pernah baca artikel tentang seorang editor tabloid ternama yang setiap harinya dibanjiri cerpen yang masuk. Bisa ratusan tiap hari! Apakah dia berkewajiban membaca setiap karya tersebut? Tentu saja tidak. Apa yang dia lakukan? Menyeleksi berdasarkan judul. Judul biasa-biasa saja langsung di eliminasi. Padahal kan siapa tahu ada karya yang bagus pada judul yang biasa tersebut. 

Untuk itu jangan buang kesempatan kita jadi terkenal (heheh) hanya karena salah pemilihan judul.
Cerpen di laptop saya ada yang sampai saat ini belum diberi judul karena saya belum menemukan judul pas. Sebaliknya ada juga tulisan saya yang berawal dari sebuah judul yang tiba-tiba terlintas dalam kepala. 

Seolah olah ada bohlam lampu imajiner yang menyala lalu "Aha! Kalimat ini menarik sekali untuk jadi judul. Saya ingin menulis dengan judul ini" demikianlah.

Contoh kasus (apaan nih pakai contoh kasus segala) cerpen-cerpen sastrawan yang pemilihan judulnya sangat menarik :

1. Jangan Tanyakan Tentang Mereka yang Memotong Lidahku - Fitrawan Umar

2.Tato Kucing -Anggun Prameswari.

3.Fat - Raymond Carver ( Yang kemudian diterjemahkan ke Dalam Bahasa Indonesia oleh Maggie Tiojakin dengan judul Lemu dan bisa dibaca di www.fiksilotus.com )

Beberapa judul dari cerpen yang saya tulis (apakah ini penting? Heheh)

1. Cowok Turtle Neck.
2. Bukan Gadis Bugis.
3.Negeri Para Lelaki.

Apa yang kamu rasakan ketika membaca judul-judul di atas? Keinginan untuk mencari tahu lebih banyak cerita di dalamnya. Iya kan? (Oh, ayolah. Bilang saja iya!)

Hmm, berhubung sudah lumayan panjang saya akhiri postingan Tentang tips menulis ini dengan kalimat :

"Mulailah menuliskan cerita yang hanya bisa diceritakan olehmu, karena akan selalu ada penulis yang lebih baik dan lebih pintar darimu. Akan selalu ada orang yang lebih hebat darimu dalam melakukan berbagai hal, tapi tidak ada di antara mereka yang bisa menjadi dirimu" Neil Gaiman.

Apa?! Tipsnya cuma ini? Tenang...saya akan lanjutkan lagi di postingan berikutnya. Saya janji.

#OneDayOnePost
#HariKeSebelas

1 comment: